Rabu, 09 Mei 2018

Post Fact

Pada awal bulan April, di bagian dunia barat, ada suatu tradisi bernama April Mop atau April Fools Day yang diperingati setiap tanggal 1 April. Itu adalah suatu hari ketika orang dianggap sah berbohong.

Pada peringatan itu, negara kita dianggap 'termakan' isu April mop. Kenapa bisa begitu? Hal itu bermula dari adanya perubahan nama bandara udara di Pakistan, Islamabad International Airport yang berganti nama menjadi Xi Jinping Airport. Dikatakan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo menyampaikan berita itu dan diteruskan oleh menterinya untuk memberikan informasi bahwa kepengurusan bandara di Indonesia diserahkan kepada pihak swasta terkait hal perubahan nama bandara di Pakistan itu.

Berita itu kemudian menjadi viral dan bahan olok-olok pihak oposisi pemerintah.

Mendengar itu, menyadarkan saya bahwa berita yang viral menjadi bahan yang menarik untuk diketahui orang banyak. Sekalipun berita itu belum tentu benar adanya (hoax).

Fakta di lapangan sudah bukan menjadi bahan yang penting untuk diketahui selama berita itu menguntungkan pihak lain.

Nilai-nilai kebenaran menjadi hal yang tidak menyenangkan lagi untuk disampaikan kepada sesama.

Inilah jaman ketika 'fact' harus berhadapan dengan jaman yang disebut 'post-fact'. Jaman ketika fakta berubah menjadi suatu kebohongan.

Lalu bagaimana menghadapinya. Mudah. Mulailah dengan membangun pemikiran yang kritis, yang mempertanyakan sesuatu yang belum kita yakini 100%.

Pikirkanlah hal yang baik dan sedap didengar terlebih dulu. Ketika informasi yang dianggap 'kontroversial' bagi intuisi kita, pertanyakanlah informasi itu dan mulailah mencari kebenarannya.